Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 05 Maret 2016
                                              BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM !!!   
Hasil gambar untuk berhenti ngerokokBerhenti ngerokok emang sulit buat sebagian orang, dulu gue juga pernah mengalaminya, tapi gue coba dengan sepenuh hati kalau gue benar-benar pengen berhenti ngerokok.( awalnya karena gue sakit sesak nafas) Sebelumnya gue udah bahas tentang kenapa gue berhenti ngerokok, Dan sekarang gue mencoba untuk berbagi pengalaman. Gue punya tips dan saran buat yang mau berenti ngeroko

      1. Niat. 
Pastiin kalo udah ada niatan dalam diri kalo kita mau berenti ngerokok, nat itu penting dalam proses awal kalian mau ngelakuin apapun termasuk berenti ngeroko. Seperti kata Bang Napi dulu bilang "kalo nggak ada niat ya nggak bakalan jadi", walaupun situasiya memungkinkan.
2.Konsisten. 
Konsisten sama niat kita, kebanyakan orang yang udah niat mau berenti ngerokok pada nggak konsisten sama niat awalnya, nggak sabaran. Terus ada juga yang udah punya niatan kalo dia udah sembuh dia bakalan ngerokok lagi, itu sama aja kalian menghindari bahaya untuk bahaya yang selanjutnya yang sama dan udah kalian tau, yang bagus itu menghindari bahaya untuk tidak bertemu dengan bahaya yang sama. Jadi konsisten itu penting.(orang yang tidak konsisten sama aja orang yang tidak punya prinsip)

3.Berdo'a.
Berdo’a adalah ritual yang paling di butuhkan dalam proses berenti ngeroko, jadi gini kalo kalian usaha terus tanpa adanya do’a, kalian sombong. Kalo lo do’a tanpa usaha ,kalian bloon, do’a doang nggak ada usahanya, sama ajah bodong.
Do’anya gimana?
Masa nggak bisa ngomong sih, ngomong ajah pake bahasa kalian. Oke, gue contohin.
“Ya allah atas dasar niatku aku ingin sekali berhenti ngeroko, semoga kau luruskan niatku dan sampai akhirnya aku sembuh. Amin” tuh kaya gitu, allah maha tau kok, pake bahasa inggris juga Allah mah ngarti. Nggak perlu pake alfalink atau google translate :D

4.Berani Nolak Tawaran Ngeroko
Berani nolak tawaran rokok atau ajakan ngerokok dari temen, sahabat atau sejenisnya. Hal yang paling berat dalam proses berenti ngerokok itu adalah ketika kita di tawarin rokok sama temen. Dan gue juga ngalamin hal itu tapi mereka ngerti setelah gue jelasin, dan logikanya gini kalo temen atau sahabat kalian ngeledek atau maksa kalian ngerokok pas kalian mau berbubah, dia bukan temen yang baik, tinggalin.
Alesannya?
Nggak ada temen atau sahabat, yang nggak ngedukung kalo kita mau berubah kedalam hal yang lebih baik.  Temen atau sahabat yang baik adalah ngedukung penuh hal yang mau kita lakuin terutama dalam hal positif.

5.Berfikiran Positif
Hilangkan sugesti kalo kita nggak ngerok itu cupu, banci dan sejenisnya berfikirlah yang positif dan pake logika.( orang banci dan maho ja pada ngeroko ko ) Gue pernah ngedenger seorang temen ngeluh kalo dia nggak ngeroko itu pusing, segitu hebatkah rokok sampe dia dibikin pusing, gue sih pusing kalo gue nggak punya duit buat jajanin gebetan, itu pusing banget.
Itu juga sugesti yah, kalo kita nggak ngeroko jadi pusing, soalnya rokok emang punya zat yang bikin kita ketagihan, addict.

SARAN...

Saran dari gue sih buat yang masih ngerokok, jangan ngeroko sambil tidur, jangan ngerokok kalo perut kalian kosong, jangan ngerokok kalo nggak punya duit, kalo kalian mau berenti ngerokok jangan langsung berenti, maksudnya kalo kalian mau berenti jangan sekaligus, kalo yang biasanya sehari ngeroko bisa satu bungkus kurangin jadi setengah, besoknya lagi kurangin jadi seperapat. Sampe ahirnya sehari kalian ngerokok cuma satu atau dua batang doang dan kalo bisa bukan sehari tapi seminggu satu batang, dan seterusnya sampe bulanan, taunan. 

Kenapa berhenti ngerokok nggak boleh langsung berhenti total, karena kata dokter waktu gue berobat dulu, takutnya kalo si peroko itu berhenti sekaligus, ketika dia ngerokok 'lagi' dia bakalan kaya pertama kali dia baru ngerokok, bawaannya asem kalo nggak ketemu roko, dia bisa ngabisin tujuh batang atau lebih, itu akan berdampak buruk. Tapi kalo kasusnya kaya gue yang harus berhenti ngerokok sekaligus itu sih nggak jadi masalah.